Anak Rewel Karena Di Rumah Terus? Gimana Cara Mengatasinya?

Ada juga beberapa orang yang menangkap pesan lain, seperti seperti perbedaan “kelas” masyarakat dalam menghadapi pandemi. Tetapi menurut Rizka, setiap karya dapat memiliki beragam interpretasi. “Masa pandemi menjadi tantangan baru untuk memulai hidup yang baru. Pandemi memang mengubah segalanya, tapi tidak pada semangat kita untuk menuju hidup yang baru. Akan tetapi, percayalah kamu bisa mendapatkan kunci untuk mencapai masa depan yang lebih baik,” demikian pesan Bimo.

Apalagi di tengah pandemi yang tidak menentu, Anda perlu kebebasan dalam mengatur jadwal kuliah. Meski belajar di rumah, beberapa guru memberikan tugas untuk anak didik. Peran orangtua di sini adalah mengecek untuk memastikan dan menyemangati anak dalam emngerjakan tugas. Jikalau tidak ada tugas khusus, baik juga orangtua menjadi guru kelasnya untuk sementara dengan memintanya untuk membaca buku hingga halaman tertentu. Yonathan Bimo Satrio, atau biasa dipanggil Bimo, berasal dari kota Banjarbaru di Kalimantan Selatan, tetapi saat ini sedang menempuh pendidikan di Universitas Atma Jaya Yogyakarta, jurusan sosiologi.

Tetap jaga kesehatan, kebersihan, dan stamina keluarga agar terus bersemangat hingga kondisi dan rutinitas nantinya sudah normal kembali. Terus berpikir positif, semangat dan produktif bersama orang-orang tersayang. Ada banyak video kerajinan tangan dan kesenian yang bisa Si Kecil tiru untuk melatih tumbuh kembangnya. Anda dan pasangan juga bisa berpartisipasi dan memberikan model yang baik untuk mereka, lho.

Biasanya ketika belajar di sekolah, murid dilarang untuk makan di kelas saat jam belajar. Nah, sekarang mumpung lagi belajar di rumah, Grameds bisa belajar sambil ditemani dengan cemilan. Tetapi cemilannya hanya jadi teman saja ya Grameds, jangan sampai fokus kamu malah jadi ngemil bukannya belajar. Sistem belajar yang diubah secara tiba-tiba ini tentu dirasa sulit karena belum terbiasa. Tidak bisa dipungkiri bahwa kehadiran guru masih sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Untuk itu, sosok orang tua sangatlah diperlukan ketika belajar di rumah.

Anak-anak sudah bosan berada di dalam rumah

Meski begitu jangan sampai alasan biaya membuat buah hati Anda harus pupus cita-citanya. Parent Pinters bisa membeli bibit bunga atau buah secara on-line dan ajak anak untuk menanamnya di pot atau halaman. Pasti seru sekali rasanya melihat biji-bijian yang ditanamnya mulai tumbuh menjadi tanaman.

Petugas mengecek suhu tubuh dengan thermo gun, dan mengarahkannya untuk cuci tangan. Tak berselang lama, siswa lainnya datang juga diantar orangtuanya. Selain itu, beberapa siswa terlihat berjalan bersama-sama dari arah permukiman. Baik yang diantar ataupun jalan kaki, semuanya terlihat mengenakan masker.

Para orangtua pun memutar otak untuk mencari aktivitas anak yang menyenangkan dan antibosan, namun tetap memberikan manfaat untuk tumbuh kembang Si Kecil. Jika biasanya mereka belajar di sekolah denga beragam kegiatan, maka selama belajar di rumah ini, setiap siswa atau anak hanya akan melakukan rutinitas yang sama setiap harinya. Akibatnya, semakin hari si anak akan mulai mengalami penurunan semangat belajar. Hai sobat sehat, mewabahnya Virus Corona yang telah menyerang banyak negara salah satunya Indonesia ini memang memiliki dampak sosial yang sangat luar biasa. Untuk itu orang tua haruslah aktif dan terlibat memantau anaknya belajar, hindari sifat cuek atau abai terhadap aktivitas yang dilakukan anak saat di rumah. Hal terpenting yang perlu dipahami orangtua dalam mendampingi anak belajar di rumah, yaitu mengelola ekspektasi terhadap proses belajar.

Jika anak gemar bermusik, lengkapi rumah dengan alat musik favoritnya agar ia bisa mengeksplorasi.Usahakan untuk memberikan fasilitas agar kegiatan tersebut bisa dilakukan di dalam rumah. Untuk mengurangi kejenuhannya, sesekali Anda bisa membuat kegiatan menarik untuk buah hati. Misalnya membuat permainan kecil, atau mengajaknya beraktivitas seperti membuat kue, membuat origami, atau membuat prakarya sederhana. Tidak usah dengan waktu yang sangat lama sehingga membuat anak jadi bosan dan malas belajar. Karena, jika anak sudah bosan dia akan menjadi lebih susah untuk diajak konsentrasi belajar.

Kuncinya saat ini guru harus memiliki kemampuan literasi informasi. Artinya guru bisa menyaring mana informasi yang relevan untuk pembelajaran dan tidak. “Jika orangtua atau wali siswa tidak setuju maka peserta didik tetap belajar dari rumah dan tidak dapat Agen Bola Online dipaksa,” kata Nadiem. Selama berada di rumah, ini dapat menjadi hal positif antara orangtua dan anak untuk membangun relasi yang intim. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan orangtua dan anak saat berada di rumah dalam masa Social Distancing.