Topeng Sidakarya, Kesenian Khas Bali Yang Unik Dan Penuh Makna

Sambil berkelililing Kesawan Square, pastikan Anda mencoba aneka kuliner yang disajikan, mulai dari masakan tradisional khas Sumatra Utara hingga hidangan khas Tionghoa. Di tempat wisata ini, Anda dan keluarga bisa menyaksikan kumpulan buaya dengan beragam ukuran. Reptil-reptil yang berjumlah lebih dari 2.000 ekor tersebut memang sengaja dikembangbiakkan, serta ditempatkan berdasarkan usianya.

Sebagai organisasi yang bersifat otonom dalam mengurus organisasinya sendiri, subak dapat menetapkan peraturan yang dikenal dengan sebutanawig awig,sima,perarem. Di dalam awig awig tersebut dimuat hal-hal dan ketentuan pokok, isi pokok dalam awig awig adalah mengatur mengenai halparahyangan,pawongandanpelemahansedangkan ketentuan dan hal yang lebih element Situs Slot Judi Online Resmi di Indonesia dimuat di dalam pararem sebagai pelaksanaan awig awig subak. Awig awig subak memuat tentang hak dan kewajiban dari warga subak serta memuat tentang sanksi atas pelanggaran hak dan kewajiban tersebut. Sekaa Bleseng yaitu kelompok yang memiliki tugas mengangkut ikatan padi yang telah diketam dari sawah ke lumbung.

Hingga saat ini warisan budaya masyarakat Penglipuran tetap lestari. Bahkan ada beberapa posting-an yang menganggap kebijakan ini dianggap berlebihan karena bisa merampas hak orang yang tidak menjalankan ritual Nyepi. Tapi ada pula yang beralasan bahwa pengguna medsos tidak bisa posting foto, menulis komentar dan posting video di akun medsosnya. Betapa tidak, masyarakat indonesia terutama yang mengaku generasi milenial telah dihinggapi medsos addict. Apalagi penggunaan medsos yang kadangkala kurang bijak, misal untuk posting hoaks atau gambar dan video yang kurang patut.

Para ahli juga menyebutkan bahwa Subak juga sebagai sistem teknologi yang sudah menjadi budaya di Bali. Fasilitas yang utama dari irigasi subak untuk setiap petani anggota subak adalah berupapengalapan,jelinjing, dan sebuahcakangan(satu tempat/alat untuk memasukkan air ke bidang sawah garapan). Sekaa Sambang, yaitu kelompok yg memiliki tugas dalam hal pengawasan air dari pencurian, penangkap atau penghalau binatang perusak tanaman seperti burung maupun tikus. Trunyan sendiri diambil dari kata Taru dan Menyan, taru artinya pohon dan menyan artinya harum, sehingga pohon yang berbau harum diyakini dapat menyerap bau, sehingga mayat tidak mengeluarkan bau. Tradisi ini merupakan tradisi yang unik karena jarang sekali ritual di Bali menggunakan kalender Masehi sebagai patokannya. Digelarnya tradisi Ngerebeg ini bertujuan untuk memberikan tempat dan persembahan kepada wong samaragar bisa hidup berdampingan dengan manusia dan tidak saling mengganggu.

Sampai sekarang, ornamen rumah tradisional dari Betawi ini masih sering dipakai, yaitu bagian lis ukiran di bawah genteng. Ciri khas rumah adat ini adalah bentuknya panggung, terdiri dari beberapa tiang penyangga bergaris tengah. Dinding rumahnya dihiasi dengan ornamen khas Simalungun dengan warna merah, putih, dan hitam. Hiasan ornamen ini adalah lambang akan pandangan kosmologis dan filosofi budaya suku Batak.

Hari Raya nyepi terjadi sekali dalam setahun berdasarkan perhitungan kalender Bali. Meski yang melakukan Catur Brata penyepian adalah kawan kita yang beragama Hindu, namun Nyepi bukanlah bentuk ritual ibadah umat Hindu. Atas hal ini bisa dibandingkan dengan ritual keagamaan Hindu yang terjadi di India atau belahan dunia lainnya. Keunikan inilah yang menjadi salah satu daya tarik wisata khususnya traveler dari luar negeri. Guru seni yang berubah menjadi seniman ini telah dikagumi secara luas atas karyanya selama hampir satu dekade sekarang.

Bali penuh dengan kebudayaan yang unik

Berdasarkan obrolan kami bersama Haji Abdul Khaliq, tokoh masyarakat dan tetua kampung Loloan Barat, kata ‘Lebaran’ secara etimologis berasal dari kata ‘Lebar’ yang artinya membuka. Membuka dalam pengertian membuka pintu rumah dan juga pintu hati seluas-luasnya untuk saling memaafkan satu sama lain. Itulah informasi mengenai upacara kematian ngaben yang dilakukan masyarakat Hindu Bali. Sebelum dilakukan, ada ritual ngagah yang merupakan cara pengambilan tulang belulang sisa dari jenazah. Panca Maha Bhuta sendiri merupakan unsur-unsur yang membentuk badan kasar manusia.